Monday, July 30, 2012

E-PR

Salah satu kegiatan PR yang menggunakan teknologi baru adalah Indosat Community yaitu sebuah komunitas para pengguna indosat baik pasca bayar seperti Matrix maupun pra bayar seperti Mentari, Im3 dan sSarone, yang dirancang sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai masalah yang dialami, mempertanyakan suatu hal, dan membina suatu hubungan relasi. Sesengguhnya setiap produk Indosat telah memiliki komunitas sendiri seperti Matrix Circle, Klub Mentari, Im3 Friends, dan My Starone, tetapi untuk pengguna Indosat secara global belum terbentuk maka pihak Indosat membentuk komunitas Indosat atau Indosat Community (IC), pengguna Matrix, Mentari, IM3 dan StarOne yang telah mendaftarkan diri sebagai anggota IC (kecuali yang sudah mendaftarkan diri ke portal indosat akan terdaftar otomatis) berhak mendapatkan fasilitas istimewa berupa pemberian diskon di berbagai pusat perbelanjaan, tempat makan, lokasi hiburan, dan tempat-tempat lain. Layanan ini merupakan hasil kerjasama Indosat dengan pihak ketiga (merchants). Anggota Indosat Community juga dapat menikmati tarif percakapan yang lebih murah antar sesama pengguna produk Indosat.
Anggota IC akan mendapatkan potongan harga di berbagai merchants dengan menunjukkan handphone yang menggunakan kartu Indosat, Nantinya, para pelanggan Indosat akan mendapat short messeging service (SMS) yang isinya memberitahukan tentang adanya promo atau diskon di berbagai merchants. Program-program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Indosat untuk mempertahankan pelanggannya. Tujuannya agar pelanggan tidak berpindah ke operator lain.
Keuntungan yang diperoleh anatar lain:
-Gratis biaya iuran tahunan keanggotaan
-Gratis biaya pendaftaran keanggotaan
-Gratis biaya blokir/ buka blokir kartu hilang atau ditemukan kembali.
-Gratis biaya pengganti kartu jika hilang atau rusak
-Nomor sama untuk kartu yang hilang atau rusak
-Secara acak dapat TERPILIH untuk mengikuti acara-acara yang diselenggarakan oleh INDOSAT
-Program Undian atau Bonus Pulsa (tergantung program)
-Mendapat diskon atau promosi khusus dari Mitra INDOSAT
-Mendapatkan Informasi / Informasi Benefit Melaluli SMS
-Info Update SMS
-Info On Demand
Sedangkan kegiatan-kegiatan IC antara lain:
-Community sosial (bantuan sosial)
-Indosat Community Gathering
-Komunitas Gamer
-Komunitas Musik
-Media Partner
-WFP representative
Media atau teknologi baru yang Indosat gunakan selain melalui sms untuk pengiriman info diskon pada merchant juga melalui blog yang di gunakan sebagai media interaksi semua anggota IC bebas memberikan testimony atau komentar mengenai indosat.

Kelebihan
Dengan adanya komunitas yang dibentuk oleh Indosat ini, para pelanggan menjadi lebih interes pada Indosat karena merasa bahwa kebutuhan akan wadah interaksi baik dengan Indosat maupun pengguna Indosat lainnya baik satu produk Indosat maupun berbeda telah direalisasikan, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga hubungan baik antara Indosat dengan penggunanya. Selain itu dengan adanya layanan yang dapat diperoleh sebagai anggota IC akan membuat para pelanggan indosat tetap setia menggunakan produk Indosat. Kesetiaan pelanggan tersebut bisa terus terjaga karena wadah komunitas ini dapat juga bermanfaat bagi pelanggan untuk membangun network, dalam suatu komunitas network atau jaringan diperlukan sebagian besar publik terutama dalam hal ini pelanggan Indosat, dengan network ini pastinnya akan bermanfaat bagi pelanggan indosat lainnya.
Kekurangan
Meskipun menarik layanan berbagai promo yang diberikan Indosat kepada pelanggannya, namun sms yang digunakan untuk mendapatkan diskon di merchant-merchant lumayan rumit jadi tidak sederhana, sms yang diterima pelanggan hanya sebagian kecil diskon untuk mengetahui lebih lanjut berbagai diskon dapat mengirimkan sms dan bukan hanya sekali atau dua kali tetapi bisa berkali-kali untuk mendapatkan sms yang menunjukkan bahwa mendapatkan diskon merchant yang diinginkan.jadi penggunaan layanan ini masih kurang efektif dan efisien. Karena adanya faktor-faktor tertentu maka tidak sedikit sms yang tidak sampai kepada pelanggan, seperti faktor cuaca, jaringan, dan lain-lain. Selain itu layanan sms sering tidak dihiraukan oleh pelanggan Indosat jadi setiap sms yang dikirim lalu dibiarkan begitu saja tanpa direspon. Kegiatan-kegiatan IC masih banyak yang belum direalisasikan, jika ada kurang begitu dipublikasikan dan dikomunikasikan oleh pihak Indosat. Jika selain mendapatkan diskon di merchant juga ada kegiatan IC yang mengajak anggota IC berpartisipasi maka IC dapat lebih efektif.

No comments: