Saturday, July 28, 2012

ANALISIS AUDIENCE BERDASARKAN SITUATIONAL THEORY MENURUT JAMES GRUNIG

ARTIKEL:TAK JADI DISUNTIK INSULIN BERKAT SUSU KEDELAI
“Tidak benar itu bila ada yang mengatakan luapan lumpur Lapindo tidak bisa diatasi. Saya bisa mengatasinya. Konsep dan proposalnya sudah saya kirim ke Presiden. Metode yang saya pakai adalah Metode Waduk Terbalik,” ujar Ir. Soehardi, B.I.,M.Sc. Namun , menurut pria 64 thun ini, sampai saat ini belum ada tanggapan. Lalu, apa hubungannya dengan MDL? Begini ceritanya. Awal 2005, alumnus ATPU, UNS, UGM,Unbraw, dan Universitas Wagenergen, Belanda, ini kena stroke gawat saat mendarat di bandara Makassar. Akibatnya, terjadi pendarahan dari dubur dan mulut. Setelah dibawa ke rumah sakit di sana, tak diketahui penyebabnya. Ia diterbangkan ke kampungnya, Klaten, dan di sana masuk rumah sakit lagi. Namun penyebab stroke dan pendarahan itu belum juga ditemukan. Setelah berkali-kali masuk rumah sakit dan mengalami pendarahan puluhan hari, dengan menggunakan kamera canggih yang dimasukkan ke ususnya, diketahuilah bahwa penyebab stroke dan pendarahan itu adalah pecahnya salah satu usus halus. Jadi pendarahan itu bukan terjadi di otak. Untuk beberapa bulan lamanya ia tidak bisa apa-apa. “Selain tidak bisa berjalan, otak saya pun tidak jalan lagi sehingga saya sudah mempersiapkan sebuah rumah di desa untuk menghabiskan hari tua saya di kursi roda,” ujar Dirut PT Adhi Sarana, yang bergerak di bidang konsultansi konstruksi sipil, arsitektur, dan lingkungan ini. Sembari mengonsumsi obat dokter, pensiunan PU ini pun mengonsumsi susu kedelai Amerika, dengan harga yang tinggi. Namun, Juni 2006 ia mengenal MDL-525. warga Jalan Pramuka di jantung Kota Klaten ini pun mengganti susu kedelai Amerika tadi dengan produksi PD Mandala 525, Garut, tersebut dan rutin mengonsumsinya seraya meninggalkan obat pelan-pelan. Tak lama kemudian kesehatannya pulih. “Sekarang, saya mampu berenang 500 meter tanpa henti, dan rutin seminggu sekali. Selain itu saya sudah mampu menyetir sendiri kemana-mana,” ujar ayah 6 anak ini. “Yang lebih menggembirakan, otak saya jalan setelah minum MDL, sehingga lahirlah konsep penanggulangan luapan Lumpur Lapindo tadi,” tukas kakek 4 cucu ini.
Agaknya, untuk menjelaskan secara rinci proses yang terjadi pada tubuh Ir. Soehardi, baik sebelum maupun selama ataupun setelah stroke itu cukup sulit. Yang jelas, ketika wawancara ini akan dilakukan, beliau sengaja menunjukkan bukti bahwa beliau telah mampu mengendarai mobil dengan cara menjemput pewawancara ke tempat yang cukup jauh dari rumahnya menggunakan mobil yang beliau setir sendiri. Dan selama wawancara berlangsung, dengan semangat beliau menjelskan Metode Wduk Terbalik itu secara panjang lebar, penuh inovasi berorientasi lingkungan dan ilmiah.
Menurut Muhammad Romi, Manajer Marketing PD Mandala 525, produk ini sangat laku di seluruh wilayah pemasaran karena manfaatnya yang mengagumkan dan produknya yang diolah secara alami tanpa bahan kimia. Apalagi saat ini masyarakat mulai beralih kepada bahan-bahan alami untuk memelihara kesehatan. ”MDL-525 bukanlah obat melainkan solusi cara hidup sehat selain dengan obat,” ujarnya pada suatu wawancara singkat. Ingin tahu lebih jauh tentang MDL-525, hubungi telepon….Distributor DIY (0274) 7844931, 08121589636 SubDist : Gunungkidul (0274) 6504853 : Apt. Saras, Apt. Argonimolo, Apt. Fatmawati, Apt. Anindita, Apt. Andayani, Apt. Moro sehat. Kulon Progo (0274) 7851010 : Apt. Tri Farma, Apt. Pengasih, Apt. Pura Raharja, Apt. Assifa, Apt. Sehati, Apt. Ahmad. Bantul (0274) 589352 : Apt. Mulai Farma, Apt. Mentari, Apt. Tirta Farma, Apt. Angkasa, Apt. Dijebukan, Apt. Gose Farma, Apt. Gunawan Farma, Apt. Mitra Farma. Kota Yogyakarta (0274) 7844931 TO. Malaya, Apt. Hayam Wuruk, Apt. Dian Farma, Apt. K-24, Apt. Suci, Apt. Ratna, Apt. Citra, Apt. Merapi, Apt. Maryati, Apt. Kucala, Apt. UGM. Sleman (0274) 7840680 : Apt. Cahaya, Apt. Kentungan, Apt. Wahidin, Apt. Visi Farma, Apt. Ardi Farma, Apt. Tempel, Apt. Rafi Farma, Apt. Condongcatur, Apt. Danita. Klaten (0272) 321960 : Apt. Chusna Husada, Apt. Sidowayah Farma, Apt. Kebonarum, Apt. Murni, Apt. Sehat. Wonogiri 0813215688 : Apt. Gajah Mungkur, Apt. Mutiara, Apt. Setia Budi, Apt. Giri Wono. Surakarta (0271) 7939130 : Apt. Wijaya-Ps.Gede, Apt. Katangan, Apt. Kondang Waras, Apt. Mutiara Farma, Apt. Indra Panjang. Sukoharjo (0271) 5827875 Apt. Sehat, Apt. Sumber Waras, Apt. Gumpang. Boyolali 081314689228 : Apt. Sunggingan, Apt. Baya Husada, Apt. Manunggal. Magelang 08886844325 Apt. Waras, Apt. Prajenan Husada, Apt. Triana Muntilan. Sragen (0271) 5809491 : Apt. Ramai, Apt. Bahari, Apt. Asih Rahayu, Apt. Toko Barkat.
BPOM RI MD : 850510001977
Kedaulatan Rakyat Sabtu, 24 November 2007

Berdasarkan arikel di atas dapat diketahui bahwa audience yang menjadi target pasarnya adalah masyarakat yang peduli akan kesehatan yang lebih alami bukan dengan menggunakan obat-obatan atau bahan kimia.
Situational Theory oleh James Grunig mengatakan bahwa suatu kelompok dari audience mendefinisikan dirinya sebagai publik yang aktif saat
1. Problem recognition component ( komponen pengakuan masalah )
Mereka mengidentifikasi sebuah isu sebagai sebuah problem.
Berdasarkan artikel di atas dapat dilihat bahwa Susu Kedelai MDL-525 mengembor-gemborkan mengenai masalah kesehatan yang dapat ditangani melalui bahan-bahan alami bukan menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia yang sesungguhnya akan merusak tubuh manusia. Hal ini diangkat sebagai masalah oleh Susu Kedelai MDL-525 dan menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan ataupun penanganan suatu penyakit lebih baik menggunakan bahan-bahan alami agar kestabilan tubuh tetap terjaga tanpa ada gangguan dari pengaruh obat-obatan yang telah dikonsumsi.
2. Involvement component ( komponen keterlibatan )
Bisa memberikan efek atau pengaruh yang personal atau keterkaitan personal.
Setelah mengetahui akan penggunaan bahan-bahan alami jauh lebih baik daripada penggunaan obat-obatan bahwa hal tersebut merupakan suatu masalah maka mereka akan menilik ke dalam diri mereka sendiri, bahwa masalah akan kebutuhan penangganan kesehatan akan lebih sehat dengan bahan-bahan alami daripada bahan kimia yang terkandung dari obat-obatan. Selain itu juga bisa saja mereka mengalami kejadian yang sama dengan Ir. Soehardi, B.I.,M.Sc. yang mengidap penyakit pecahnya salah satu usus halusnya maka mengalami pendarahan pada mulut dan dubur sehingga stroke yang dialaminya membuat kakinya tidak dapat digunakan untuk berjalan begitu pula dengan otaknya yang tidak bisa digunakan untuk berpikir. Hal ini membawa dampak yang personal dan menimbulkan keterkaitan yang personal mengenai masalah yang mencuat ternyata merupakan masalah yang juga mereka alami.
3. Constraint recognition component ( komponen pengakuan paksaan )
Mereka merasa mampu untuk melakukan sesuatu atau mempunyai kuasa untuk mengambil suatu langkah di suatu jalan.
Setelah menyadari bahwa penggunaan obat-obatan yang berkelanjutan dan terus menerus akan mengganggu kestabilan tubuh dan lebih baik penangganan suatu penyakit atau menjaga kesehatan dengan menggunaan bahan alami seperti Susu Kedelai MDL-525 merupakan suatu masalah yang juga mereka alami maka mereka akan tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu dengan tertarik, mencoba dan membeli Susu Kedelai MDL-525, hal itu juga diperkuat testimoni Ir. Soehardi, B.I.,M.Sc. yang berangsur-angsur sembuh dengan meminum Susu Kedelai MDL-525 dengan meninggalkan sedikit demi sedikit obat-obatan, bahkan keadaannya sudah sangat baik dan telah sembuh dari penyakit yang cukup kronis.

No comments: