Wednesday, August 1, 2012

COSTUMER RELATIONS CLEAR SHAMPOO

CLEAR INVASI KOS 2 PHOTO COMPETITION
Diskripsi perusahaan
Clear merupakan salah satu merek dari PT Unilever, yang cabang di Indonesia adalah PT Unilever Indonesia Tbk.
PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981.
Pada Rapat Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100 per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10 Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000.
Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933.
CLEAR
Clear adalah Ahli dalam bidang Kesehatan Kulit Kepala, yang secara aktif memberikan jalan kerluar terbaik dari Ketombe dan masalah-masalah kulit kepala lain sehingga rambut dan kulit kepala tampak lebih sehat.
Clear telah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 1975. Alasan utamanya adalah memberikan solusi efektif terhadap masalah Ketombe. Clear adalah merek anti-ketombe terbesar di Indonesia, salah satu kinerja luar biasa Clear adalah karena iklim tropis Indonesia yang mengakibatkan kelembaban membuat ketombe menjadi masalah umum masyarakat Indonesia, dan oleh karena itu timbul daya tarik besar untuk menggunakan sampo anti ketombe di Indonesia.
Clear dengan Vita-ACE nya telah terbukti selama bertahun-tahun menyajikan produk anti ketombe yang bermutu tinggi. Di Indonesia Clear mempunyai 5 varian: Clear Active Care yang secara efektif melawan ketombe bagi orang aktif, Clear Ice Cool untuk memberikan sensasi dingin sambil melenyapkan ketombe, Clear Scalp and Oil Control untuk menghilangkan ketombe pada rambut berminyak, Clear Itch & Dry Scalp Care untuk mengatasi gatal akibat ketombe dan akhirnya Clear Hair Fall Defence untuk mengurangi kerontokan rambut hingga 93% dalam waktu 5 minggu.
Sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 1975 penjualan Clear secara konsisten mengalami pertumbuhan yang baik setiap tahun. Dewasa ini clear menjadi salah satu merek sampo terbesar di Indonesia. Clear dianggap sebagai merek “yang keren” di antara para remaja dan pekerja pemula berusia 18-25 tahun yang merupakan pasar sasaran utama. Produk ini telah dipasarkan secara luas dan menembus pasar nasional bahkan sampai ke pelosok.
Untuk selalu melakukan beberapa aktivasi, yaitu untuk membuat Clear tetap cocok dengan pasar sasaran, untuk mempertahankan kesesuaiannya dan menarik pasar sasaran, untuk mempertahankan kecintaan pada merek, dan menjadi lebih dekat dengan pelanggannya.
Beberapa acara yang di adakan adalah Clear Top 10 pada tahun 1999 – 2003, Clear Zone tahun 2004, Clear Nation tahun 2005, Clear Dream Date tahun 2006, Clear Invasi Kos tahun 2007 dan Clear Invasi Kos 2 Photo Competition tahun 2008 ini.
Dan kegiatan custumer relation yang akan saya jelaskan lebih lanjut pada acara Clear Invasi Kos 2 Photo Competition yang diadakan bulan Februari hingga Maret 2008.
KEGIATAN COSTUMER RELATION
CLEAR INVASI KOS 2 PHOTO COMPETITION
Setelah sukses menggelar program Clear Invasi Kos pada 2007 lalu, kali ini Clear Shampoo kembali menggelar program serupa bertittle Invasi Kos 2 Photo Competition. Serupa tapi tak sama dengan programnya, Clear Invasi Kos 2 Photo Competition merupakan lomba kompetisi kos-kosan yang menguji kekompakan masing-masing kos dengan menunjukkan kekompakan memakai Clear Shampoo. Peserta kompetisi harus mempertunjukkan yel-yel dan mengikuti games yang disediakan. Point terbaru dalam Clear Invasi Kos 2 kali ini adalah menantang kekompakan tiap kos lewat photo competition.
Program ini diawali dengan Promo Kos Besar. Keseluruhan promo tersebut bertujuan memberitahukan kepada para pendatang atau penghuni kos di Yogya untuk mendaftarkan kos mereka dalam program ini. Promo campus activation dilaksanakan setiap Senin-Jumat di 25 kampus di Yogyakarta, sedangkan promo kos besar dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu di sepuluh titik atau lingkungan kos-kosan.
Setiap hari, ada 5 Tim yang melakukan invasi. Kos yang di-invasi wajib menunjukkan syarat yang telah ditentukan, yaitu minimal berpenghuni 7 orang dan semuanya mampu membuktikan diri sebagai pemakai Clear Shampoo dengan menunjukkan 1 botol Clear atau 10 sachet per-orang.
Foto, yel-yel, games, dan jumlah pemakai Clear Shampoo adalah kriteria yang digunakan sebagai materi penilaian untuk menentukan kos mana yang kompak.
Salah satu poin yang membedakan CIK 2 kali ini dengan CIK sebelumnya adalah photo competition. Untuk kos, photo competition adalah salah satu kriteria penilaian saat di-invasi. Selain photo competition kos, dalam CIK 2 kali ini juga ada photo competition individu, yang lebih diperuntukkan bagi yang bukan anak kos meskipun tidak menutup kemungkinan bagi anak kos juga turut serta. Dengan membeli 1 botol Clear Shampoo di venue dan mengajak langsung difoto di tempat. Hasil foto 1 dibawa peserta dan 1 dimasukkan ke drop box untuk dinilai. Meskipun bertittle photo competition individu, tapi tetap harus mengajak 2 orang atau lebih untuk berpose bersama Clear Shampoo. Sehingga, fotonya minimal bertiga. Kriteria yang menjadi penilaian adalah kreativitas dalam berpose.
Kegiatan yang diadakan Clear ini sangat menunjukkan adanya custumer relation yang ingin lebih ditingkatkan. Salah satunya terlihat bahwa kegiatan di tahun ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun lalu. Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk usaha Clear untuk lebih dekat dengan penggunanya. Di pilihnya kota Yogyakarta untuk mengadakan acara ini karena Yogyakarta merupakan kota pelajar, begitu banyak pendatang baru dari luar kota Yogyakarta untuk menimba ilmu. Dalam acara ini Clear memberikan wadah untuk mengasah kekompakan pada setiap kos, agar di lingkungan kos tercipta suatu hubungan yang hangat bukan saling mengacuhkan dan individualis, seperti dituangkan pada lomba yel-yel. Kreativitas sebagai salah satu penilaian dalam acara ini memberikan motivasi kepada para generasi muda untuk lebih dan terus berkembang, tidak hanya berdiam diri menyikapi persoalan yang ada yang tercermin dari permainan yang telah disediakan. Selain kreativitas dalam permainan-permaianan juga berupa kreativitas berekspresi dalam seni, yang ditunjukkan melalui photo competition yang memberikan warna baru dibanding dengan Clear Invasi Kos tahun lalu. Photo competition ini juga mengasah kreativitas bagaimana menunjukkan kekompakan dalam berpose. Clear tidak hanya menganakemaskan anak-anak kos dan menganaktirikan yang bukan anak kos. Maka dari itu Clear juga mengadakan photo competition individu yaitu berpose dengan mengikutsertakan Clear Shampoo dan mengajak 2 orang. Meskipun individu tetapi minimal peserta 3 orang untuk mengikuti kompetisi ini.
Untuk mempermudah pendaftaran bagi peserta maka diadakan Promo Kos Besar dan Promo Campus Activation. Hal ini juga untuk memberikan gambaran mengenai Clear Invasi Kos yang berbeda dengan tahun lalu. Melalui promosi ini calon peserta bisa langsung mendaftar baik untuk anak-anak kos maupun yang bukan anak kos. Untuk photo competition individual langsung bisa berpose di venue dan satu lembar foto dimasukan ke drop box yang disediakan untuk dinilai dan selembar lagi untuk peserta sebagai kenang-kenangan mengikuti acara ini. Calon-calon peserta yang kurang beruntung kampus atau lingkungan kos mereka tidak diadakan promo oleh Clear, untuk tidak mengecewakan mereka maka Clear mengantisipasi melalui promo radio, dengan cara SMS ke radio tersebut dengan suatu format yang telah ditentukan, bahkan ada keuntungan lebih yaitu setiap hari diundi lima kos yang telah mendaftarkan diri mereka dan masing-masing mendapatkan seratus ribu rupiah. Selain itu yang ingin mengikuti photo competition individu bisa berfoto dengan syarat yang telah ditentukan dan di masukkan ke dalam box yang disediakan di kantor pemasaran radio tersebut.
Meskipun promo-promo yang disediakan untuk mengajak masyarakat terutama mahasiswa yang menjadi segementasi dari Clear mengikuti kompetisi yang ditawarkan, tetapi bagi mereka yang enggan mengikuti dua kompetisi tersebut, namun mereka ingin berpartisipasi dan ingin mendapatkan hadiah-hadiah yang kebanyakan berupa uang, maka demi tidak mengecewakan mereka, diadakan berbagai permainan dalam promo-promo tersebut berupa games baik individu maupun kelompok.
Acara ini yang merupakan kelanjutan dari acara tahun lalu tidak menutup kemungkinan akan menjadi acara tahunan karena begitu banyak apresiasi dari masyarakat. Sehingga hubungan antara Clear dengan pelangan maupun pembeli bisa terjaga dengan baik selain itu juga berdampak baik kepada Clear itu sendiri.
Sumber:
www.unilever.co.id
KR, 16 Maret 2008 hal 7









No comments: