Saturday, October 18, 2008

DONNA ORSHA, SANG PENYIAR RADIO SENIOR DI YOGYAKARTA







Semakin berkembangnya jaman, komunikasi semakin maju hal ini tidak luput dari peran orang-orang yang bekerja dalam bidang ini. Salah satunya adalah penyiar radio. Seorang penyiar radio senior yang telah berkecipung lama di bidangnya adalah Donna Orsha, 14 tahun sudah berlalu, dara cantik ini menekuni pekerjaannya sebagai penyiar radio, sejak masih duduk dibangku SMP lebih tepatnya pada tanggal 4 April 1993 mulai meniti karir sebagai penyiar remaja di radio Yasika sampai saat ini yang telah menginjak bangku kuliah dan sedang menyelesaikan tugas akhir di Fakultas Hukum UGM. Awal karir Donna dari bergabungnya ke fans club Yasika yang pada waktu itu bernama Elit Muda Yasika yang lebih dikenal dengan EMY dan Donna menjabat sebagai sekertaris dalam organisasi tersebut.

Di sini awal ketertarikannya dengan dunia kepenyiaran radio. Setiap acara yang diselengarakan radio Yasika, Donna selalu mengikuti dan sering memperdengarkan suara emasnya, karena Donna memang pernah memenangkan suatu kontes menyanyi sebagai juara pop singer terbaik di Yogyakarta. Karena seringnya menyanyi di acara off air Yasika, Donna ditawarkan menjadi penyiar remaja, mungkin menurutnya karena pihak Yasika tertarik dengan suaranya sehingga menawarkan pekerjaan itu padanya. Profesi ini bukan pilihan menurutnya, karena profesi ini ditawarkan, walau memang sebelumnya sudah tertarik dengan dunia radio. Karena dengan menjadi penyiar radio wawasannya semakin bertambah, pergaulannya semakin luas terlebih agar Donna yang introvet menjadi ekstrovet dan agar Donna yang pendiam bisa lebih mudah berbicara dan hal itu terbukti serta membuat Donna semakin tertarik lebih mendalami profesi ini, dan setelah dijalani Donna merasakan bahwa profesi sebagai penyiar radio ternyata sangat menjanjikan, terlihat dari penghasilan yang kini sudah cukup besar meski enggan untuk menyebutkan nominalnya.

Saat SMA Donna pindah ke Magelang, tetapi ia tidak menanggalkan prosfesinya, Donna tetap menjadi penyiar radio di Polaris fm Magelang yang merupakan link dari Yasika, radio-radio tersebut tergabung dalam CPP RADIO NET yang jaringannya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, jadi memudahkan jika seseorang penyiar pindah tidak perlu keluar dari sebuah radio tetapi hanya pindah sesuai dengan daerah pindahannya tersebut.

Menjadi seorang penyiar radio diperlukan sifat / karakteristik antara lain:

1. DJ As Sales Person
Penyiar mempunyai peranan untuk membuat pendengar tertarik, antusias, dan ingin kembali mendengarkan lagu-lagu yang diputar, selain lagu, penyiar juga harus bisa membuat pendengar berminat untuk mendengarkan spot iklan yang diputar, mengikuti pesan-pesan di dalam spot iklan tersebut dengan rasa ingin tahu bahkan mempercayai semua pesan-pesan yang disampaikan. Penyiar adalah salesperson yang mampu mengemas seluruh komponen “barang dagangannya” yang berupa lagu, iklan dan informasi.

2. Penyiar sebagai Sahabat Pendengar
Televisi biasanya diletakkan di suatu ruang yang cukup lega agar dapat ditonton secara bersama-sama, berbeda dengan radio yang memiliki sifat lebih pribadi dan lebih intim. Pakar komunikasi bahkan mengatakan ”Radio is a portable friend”, sahabat yang bisa dibawa kemana-mana bahkan di tempat pribadi sekalipun yaitu di tempat tidut atau kamar mandi. Karena sifat radio yang pribadi itulah maka seorang pemyiar harus berusaha menjadikan sahabat yang baik bagi pendengarnya. Sebagai sahabat yang punya derajat yang setara, pendengar biasanya tidak suka penyiar yang terlalu menggurui, berpenampilan monoton, kasar, sombong, suka melecehkan, merendahkan bahkan menghina pendengar. Jadi pendengar suka penyiar yang bisa dijadikan sahabat yang hangat, wajar dan tidak dibuat-buat.

3. Pendengar : Orang Kedua Tunggal
Penyiar menyapa pendengarnya harus akrab, dilandasi suasana intim, sangat personal, direndahkan volumenya tetapi tetap meiliiki power sehingga terdengar seperti sedang bercakap-cakap dengan sahabatnya, dan menyapa pendengarnya dengan “anda” atau “kamu” bentuk kata ganti orang kedua tunggal dengan menggunakan idiom-idiom bahasa percakapan layaknya berbicara dengan temannya.

4. Personality Lebih Penting dari pada Suara yang Bagus
Bukan hanya karakteristik suara atau kemampuan vokal tetapi juga karakteristik kepribadian bahwa menjadi seorang penyiar dituntut untuk lebih terbuka, lebih bisa familiar dengan orang-orang. Pada umumnya pendengar lebih tertarik pada apa yang dibicarakan penyiar dan bagaimana penyiar itu menyampaikannya dari pada bagus tidaknya suara penyiar tersebut. Seorang penyiar adalah salah satu sumber kepercayaan dan sumber informasi bagi pendengar, sehingga penyiar harus jujur dalam menyampaikan informasi, jika informasi belum pasti jangan disampaikan karena akan mericuhkan pendengarnya jika informasi yang disampaikan ternyata tidak benar, selain itu penyiar juga harus hangat, bersahabat, berpengetahuan luas, serta kritis, sehingga informasi yang diberikan bermutu dan dapat dipercaya.

Selain karakteristik, penyiar juga harus mempunyai ketrampilan yaitu :
1. Selalu punya rasa ingin tahu
2 .Percaya diri
3. Gaul
4. Luwes
5. Extrovert
6. Suka musik jenis apapun ( jangan terpatok pada satu atau beberapa jenis musik )
7. Aktif dan dinamis
8. Menguasai bahasa asing terutama Bahasa Inggris
9. Bisa menulis secara baik
10. Akrab dengan komputer
11. Punya suara yang bagus
12. Punya perfomance yang mendukung (penampilan saat siaran akan mempengaruhi kualitas vokal)
13. Bisa menggunakan bahasa percakapan yang singkat, padat, dan jelas.
14. Memperbanyak kosa kata

Menurut penyiar Yasika yang juga menjadi presenter talk show mengenai keluarga di RBTV ini dalam membangun komunikasi yang efektif baik dengan sesama penyiar maupun dengan pendengaranya mudah-mudah sulit karena dalam membangun komunikasi yang efektif dibutuhkan benar-benar suatu kedewasaan karena ketika komunikasi berjalan tidak efektif maka akan menemukan jalan buntu. Terlebih saat siaran duet, komunikasi yang baik sangat diperlukan dengan cara satu sama lain membuka diri untuk mengetahui keinginan masing-masing penyiar atau membuat kesepakataan sebelum siaran agar komunikasi yang dibangun tidak terjadi kesalahpahaman sehingga terbangunlah komunikasi yang efektif.

Membangun komunikasi yang efektif dengan pendengar intinya tidak jauh berbeda, saat on air komunikasi yang efektif bisa dibangun saat ada phone live atau sesi interaktif dengan cara menyambungkan antara pembicaraan pendengar dengan penyiar, penyiar harus bisa “ngemong”, di dalam bahasa kepenyiaran disebut mengedrive, dituntun mau ke arah mana inti pembicaraan pendengar, jika saat off air bisa saat pendengar datang ke studio dan sebagai penghargaan tentunya sebagai penyiar harus menemuinya dan mengajak bicara, dari pembicaraan tersebut dapat dilihat apa yang diinginkan pendengar dari suatu radio, tentunya dengan pembicaraan yang ramah, hangat dan bersahabat sehingga membuat pendengar nyaman, dengan begitu komunikasi akan berjalan dengan baik dan efektif.

Konflik dalam berbagai keadaan selalu ada, baik konflik intrapersonal, interpesonal maupun konflik kelompok, dan penyelesaikan masalah juga bermacam-macam antara lain dengan approach personal atau pendekatan pribadi juga mediasi dengan dipertemukan kedua belah pihak dan dengan pihak ketiga yang bersifat netral sebagai mediator. Begitu pula saat sesama penyiar ada masalah maka ada atasan yang bisa dijadikan mediator. Tapi secara pribadi sikap penyiar harus profesional, baik sikap di dalam callbox atau ruang siaran atau diluar callbox, jadi harus dapat memoposisikan diri saat sebagai penyiar dan bukan penyiar.

Menurut dara kelahiran Yogyakarta, 23 Juli 1984 ini mengaku tidak pernah terganggu siarannya karena masalah yang menimpa, selama ini jika ada masalah tidak pernah dibawa ke tempat kerja dan berusaha bersikap profesional dengan cara managemen konflik yang baik dengan menata diri bagaimana sikap seorang publik figur, sebagai penyambung lidah, dan sebagai penghibur harus bisa memilah-milah ,mengenai urusan pribadi dan urusan pekerjaan.


LAMPIRAN

WAWANCARA


Nama narasumber : Donna Orsha
Hari / tanggal : Kamis, 31 Mei 2007
Waktu : 09.30 WIB
Tempat : Studio Radio Yasika FM
Jalan Menukan 8 Karangkajen Yogyakarta 55153

BIODATA NARASUMBER

Nama : Donna Orsha
Tempat tanggal lahir : Yogyakarta, 23 Juli 1981
Alamat rumah : Jalan Wonosari km 7 Yogyakarta
Pekerjaan : Penyiar radio Yasika Fm, Presenter RBTV, MC
Alamat kantor : Jalan Menukan 8 Karangkajen Yogyakarta ( Yasika Fm )
Jalan Jagalan ( RBTV )
Pendidikan saat ini : Sedang menyelesaikan S1 Fakultas Hukum UGM

18 comments:

gabin said...

ternyata dona masih cukup muda orangnya..

mpe apal aku suarane,, yasika jelas bget mpe kota gombong, tp sayangnya sekarang dah ga ada klasik rock....hbs dnger grtes mmory, trus klasik rock, kyaknya pules bget tidurku...

bangun pagi trus ngopi sambil dnger morning show...uuuhhhh, sangat bermanfaat...boni menghilang kmna ? prasaan dah bnyk perubahan dr yasika dr pergantian para personilnya...

gabin said...

ternyata dona masih cukup muda orangnya..

mpe apal aku suarane,, yasika jelas bget mpe kota gombong, tp sayangnya sekarang dah ga ada klasik rock....hbs dnger grtes mmory, trus klasik rock, kyaknya pules bget tidurku...

bangun pagi trus ngopi sambil dnger morning show...uuuhhhh, sangat bermanfaat...boni menghilang kmna ? prasaan dah bnyk perubahan dr yasika dr pergantian para personilnya...

Anonymous said...

http://www.europehandbag.com/

Christmas is coming! Are you ready to host your annual Christmas celebration? Do you have all your gifts purchased?
Buy now, get the nice key holder or chain at zero cost!

Anonymous said...

Offers Wholesale Replica Louis Vuitton Handbags and other best brand designer bags,cheap luggage,MM Purses,men Wallets,Briefcase Replica Designer Handbag
http://www.europehandbag.com/

Anonymous said...

Offers Wholesale Replica Louis Vuitton Handbags and other best brand designer bags,cheap luggage,MM Purses,men Wallets,Briefcase Replica Designer Handbag
http://www.europehandbag.com/

Novi The "C" said...

@ gabin. Yup udah byk perubahan dan penyiar di yasika,,,kebanyakan pada pindah ke jakarta....,meski masih muda mba donna udah nikah...

Anonymous said...

Ga masuk akal, masa umur blm 9 tahun udah SMP.
Cek ulang tuh.

Novi The "C" said...

oh iya yahh,baru nyadar, okay makasih kritiknya mungkin bisa saya confirm lagi...

rhony said...

banyak banget yang udah berubah di yasika,om ayik(ariel arkadia),rio atmaja,bonar sobastian,donni donavan,boni prasetya,dan masih banyak lagi sekarang pada kemana mereka....hmmmm,jadi inget jaman doloe kala,dari masih di AM,trus ke 104,4 fm,pindah ke 95,3fm,akhirnya geser ke 95,4 fm....dari mulai namanya yasika ak dua,menjadi ak dua,trus jadi yasika power hits station.....sekarang cool station...
maju terus yasika....

Novi The "C" said...

@rony : dari yang disebutin cuman kenal mas bony prasetya aja, beliau tetangga saya setelah dia pindah ke radio laen dan saya baru tau *parah kan* sekarang alhamdulillah masih berhubungan baik dengan mba donna, sudah saya anggap sebagai kakak saya sendiri :)

adenuriadin said...

minta sumber referensinya donk, ini dibuku apa?

Novi The "C" said...

@adenuriadin sumber bukunya ga ada, saya hanya dikasih bahan oleh mba donnanya sendiri, maaf ga bisa membantu..

Jatikusumo said...

Mbak, mau tanya channel streamingnya untuk Yasika FM ada gak sih ?
Aku cari kok gak ada, padahal waktu sekolah dan kuliah dulu selalu dengerin Greatest Memories di Yasika FM.
Tapi sekarang aku kerja di semarang , jadi kangen sama acara Yasika FM... :-(

Novi The "C" said...

@jatikusumo hai... yasika ga ada streaming sayangnya udah diusulin dari dulu ga mw juga entah lah kenapa, sejak udah bukan mba donna lagi, hampir ga pernah sama sekali dengerin greatest memory dan acara yasika lainnya. setiap sesekali dengerin kebanyakan penyiarnya udah ganti hee.. Tapi kalo kangen mba donna siaran bisa dengerin steamingnya pas fm jakarta setiap jam 10-12 senin sampe jumat (kalo jdwal siarannya ga ganti sih ya) meski segmennya beda tapi lumayan lah..hehe.. salam kenal yaa...

Bond Juan said...

Wah, mbak Donna Orsha :D Saya juniornya nih di Polaris :) Udah setahun ini siaran. Aku juga ngeblog lho. Cek aja VampirMagelang.com

yaka sulistya said...

Dulu di yasika. Ada penyiar namamya gayatri, wajah mirip penyanyi iis dahlia. Ada yg tau gak ya keberadaannya?
Kalo ada info, kasih tau ya...

Novi The "C" said...

@Bond Juan Halooo maaf lama membalas. Wah juniornya mbak don ya. Pasti sering digalakin ya dulu hahahahaah.. tapi galak-galak sayang sih 😂😂😂 oke nanti aku mampir ya ke blogmu, salam kenal deh

Novi The "C" said...

Hai yaka sulistya... waktu aku dengerin sih udah ga da yg nama gayatri. Tapi ntr aku coba tanyakan ke mba donna atau mas bonny yang udah senior di yasika, tunggu yaaa ☺