Friday, August 31, 2012

JIKA KAU MENGERTI!!!

By: Novi The C

Melukis indahmu di sanubari
Takkan terhapus oleh waktu yang berlari

Menggenggam manisnya rindu ini
Takkan habis dirasa hati

Mendekap bayangmu tanpa henti
Makin buatku mengerti apa rasa ini

Bahwa cinta ini bukan hanya tuk dipandangi
Tapi juga untuk di miliki

JIKA KAU MENGERTI!!!

Jogjakarta, 13 Oktober 2009

Thursday, August 30, 2012

KUAS KEHIDUPAN

By: Novi The C

Kuas ini goreskan tinta
Yang mengalur bak sebuah cerita
Akan duka lara
Bahagia dan penuh canda
Namun tak terprediksi bagai sandiwara

Jogjakarta, 17 Oktober 2009

Wednesday, August 29, 2012

PERSAHABATAN

By: Novi The C

Delapan belas tahun sudah
Terajut sebuah kisah
Terukir indahnya persahabatan
Bermandikan warna-warni kehidupan
Tawa dan airmata tak pernah luput dari hadapan
Menorehkan gurat-gurat alur sebuah cerita

Jogjakarta, 14 Desember 2008

PERSAHABATAN

By: Novi The C

Delapan belas tahun sudah
Terajut sebuah kisah
Terukir indahnya persahabatan
Bermandikan warna-warni kehidupan
Tawa dan airmata tak pernah luput dari hadapan
Menorehkan gurat-gurat alur sebuah cerita

Jogjakarta, 14 Desember 2008

Tuesday, August 28, 2012

SENDU DAN SENDIRI

By: Novi The C

Hanya airmata yang berkata
Hanya keheningan yang tercipta
Dalam kesendirian tanpa makna
Menyelami diri tanpa ada tawa
Mendengarkan suara hati yang tak berirama
Brsama hembusan napas yang terbata

Jogjakarta, 06 September 2009

Monday, August 27, 2012

SESUATU

By: Novi The C

Memasuki ranah jiwa justru buat luka
Menyelami sesuatu yang dalam tanpa kata
Meniti sesuatu yang tersembunyi tanpa suara
Menapaki sesuatu tak pasti, tiada berguna
Sesuatu tak pasti, tak pasti ada
Karna ada berada pada sesuatu yang ada
Yang sulit ditelusuri jejaknya

Jogjakarta, 25 Agustus 2009

Sunday, August 26, 2012

HAMPA DALAM SETERU

By: Novi The C

Hambar bertaburan di kalbu
Deru napas tak menentu
Berdegup kencang bak gendang bertalu
Rasa ini bagai diiris sembilu
Begitu sendu

Tetes airmata mengiringi
Ungkap semua yang tersembunyi
Tanpa ada secuilpun puisi
Tanpa ucap kata yang berisi

Jogjakarta, 25 Agustus 2009

HAMPA DALAM SETERU

By: Novi The C

Hambar bertaburan di kalbu
Deru napas tak menentu
Berdegup kencang bak gendang bertalu
Rasa ini bagai diiris sembilu
Begitu sendu

Tetes airmata mengiringi
Ungkap semua yang tersembunyi
Tanpa ada secuilpun puisi
Tanpa ucap kata yang berisi

Jogjakarta, 25 Agustus 2009

Saturday, August 25, 2012

BINGKISAN CINTA

By: Novi The C

Kata-kata ini mungkin tak indah
Dan warna-warna yang menyelimuti mungkin tak cerah
Namun ini suatu ungkapan yang begitu istimewa
Dari hati dan dalamnya jiwa
Tuk ungkapkan segala rasa
Akan tulusnya cinta
Akan segala apa yang ada

Jogjakarta, 19 Juli 2004

Friday, August 24, 2012

ASA ADA

By: Novi The C

Ternyata asa kembali ada
Tak perlu risau asa kan tiada
Saat sang khaliq berbicara
Melalui kuasaNya
Maafkan diri ini
yang pernah mempertanyakan keberadaan asa

Jogjakarta, 30 Juli 2009

Thursday, August 23, 2012

ASA

By: Novi The C

Masihkah ada harap tersisa
Ataukah asa telah tiada
Pandangan ini jauh ke angkasa
Berharap secuil kuasaNya
Akan asa yg kembali ada

Jogjakarta, 7 Juli 2009

Wednesday, August 22, 2012

KATAMU

By: Novi The C

Katamu patahkan asa yang menggebu
Katamu redupkan api yang bergelora di kalbu
Katamu buatku membisu
Katamu buat hati ini makin biru
Katamu buatku makin menyatu dalam sendu

Jogjakarta, 26 Juli 2009

Tuesday, August 21, 2012

KOSONG

By: Novi The C

Ku termangu
Memandang ke titik semu
Menerawang dengan napas membiru
Asa ini masih padamu
Menunggu cinta ini diraih olehmu

Jogjakarta, 22 Juli 2009

Monday, August 20, 2012

YANG TELAH PERGI

By: Novi The C

Setahun sudah, tergelar sebuah kisah
Kisah yang tak pernah terduga
Yang datang tiba-tiba
Namun tak kan hilang begitu saja
Sendu nan pilu yang terasa
Dan hanya airmata yang bicara
Juga sedih yang tersisa

Teman,
Katamu, senyummu, jua candamu
Terlebur dalam aura bahagia nan lugu
Binar matamu tebarkan persahabatan
Meski kini semu

Namun secuil ruang di sanubari tetap untukmu
Berikan warna tersendiri di kalbu

Kau kan tetap di sini
Di hati
Dan kau beri sebuah arti

Selamat tinggal kawan
Kami semua merindukanmu
Takkan ada jua yang dapat gantikan sosokmu

Jogjakarta, 21 Juli 2009

Ps: dedicated to (Alm) Nugroho Adi W.

Sunday, August 19, 2012

GAPAI CINTA DI PELUPUK MATA

By: Novi The C

Dalam terpaan cobaan nyata
Hanya dia yang kudamba
Menyelami rasa yang ada
Bersama asa yang senantiasa berusaha
Ini bukan prahara
Hanya semacam problematika
Tuk gapai sebuah cinta
Yang telah hadir di pelupuk mata
Tapi belum juga di genggam jiwa
Entah mengapa
Begitu adanya

Jogjakarta, 17 Juli 2009

IKHLAS

By: Novi The C

Kuendapkan diri di titik nadir
Merunduk pada tanah terendah
Mendengarkan isyarat alam
Dengan penuh tafakur dan ikhlas
Robby bersama kita
Orang-orang sabar hadapi cobaan

Jogjakarta, 15 Juli 2009

Saturday, August 18, 2012

BISIKANMU

By: Novi The C

Kata-katamu bak angin surgawi
Beri kesejukan dalam nurani
Menaungi diri
Yang diliputi sepi dan sendiri

Jogjakarta, 9 Juli 2009

Friday, August 17, 2012

KEHADIRANNYA

By: Novi The C

Sesak dada terasa
Karena secuil rindu bergelora
Menukik ke angkasa
Tuk tuangkan segala rasa
Ini bukan sandiwara
Tapi nyata
Bahwa diri ini sungguh dahaga
Akan kehadirannya

Jogjakarta, 15 Juli 2009

Thursday, August 16, 2012

ARTI DALAM DIRI

By: Novi The C

Lirih bisikanmu melelehkan air mata
Meleburkan duka dan luka
Dalam buaian di jiwa

Gelora yang membahana
Akan rasa bahagia
Memberi satu arti dalam diri
Yang sungguh berarti

Jogjakarta, 9 Juli 2009

Wednesday, August 15, 2012

ASA DAN RASA

By: Novi The C

Rinai hujan menitik di hati
Membuat hati membiru meski bukan kelabu
Kini termangu dalam asa yang lugu
Terpaut akan rasa yang tak menentu
Menanti sesuatu yang tak tau apa itu

Jogjakarta, 18 Mei 2009

Tuesday, August 14, 2012

INGINKANNYA

By: Novi The C

Derai air mata tak sanggup kubendung
Beri rona dalam warna
Yang senantiasa inginkan dia

Bukan berujung duka namun bahagia
Linangan air mata ini bukan berarti luka
Tapi hanya endapan mendalamnya rindu
Akan kehadirannya di sisi hatiku

Jogjakarta, 20 Mei 2009

Monday, August 13, 2012

DAHAGA KALBU

By: Novi The C

Selaksa airmata tumpah di pipi
Bukan tangisi kehampaan diri
Namun karna secercah cahya naungi nurani
Obati dahaga kalbu ini
Yang diliputi rindu tak terperi

Jogjakarta, 19 Mei 2009

Sunday, August 12, 2012

MENATAPMU

By: Novi The C

Menatapmu tak buatku meragu
Buat diri bungkam terpaku
Meski mata ini silau akan sinarmu
Tapi menatapmu tak membuatku ragu
Meski tak dipungkiri hangatmu buat lidahku kelu
Tuk ungkap sesuatu
Bahwa kumerindukanmu selalu
Hingga kutemukan sosok sepertimu

Jogjakarta, 15 Mei 2009

Saturday, August 11, 2012

TERTINGGAL

By: Novi The C

Perpaduan rona putih biru
Buatku terbius dalam alam angan
Film di otakku kembali putar sgala kenangan
Bersama mentari sungguh mengesankan
Namun kutau itu hanya tertingal dalam ingatan

Jogjakarta, 12 Juni 2009

Friday, August 10, 2012

BAYANGAN ITU

By: Novi The C

Degup jantung makin terpacu
Irama napas tak menentu
Terasa dada sesak dan pilu
Auraku membiru
Hampir menjadi kelabu
Tanpa kau di sisiku suatu waktu
Karna kau membawaku dalam bayangan itu
Dan semoga semu

Jogjakarta, 24 Mei 2009

Thursday, August 9, 2012

LUKA TAK TERPERI

By: Novi The C

Malam ini begitu dingin
Bukan hanya menusuk ke sela-sela pori
Dan terasa hingga ke sumsum tulang
Tapi juga merasuk ke relung jiwa terdalam
Yang terasa beku
Jua tergores luka yang tak terperi

Jogjakarta, 13 Februari 2009

Tuesday, August 7, 2012

MUNGKIN

By: Novi The C

Mungkin hanya mentari yang mengerti
Mungkin hanya pelangi yang kukagumi
Mungkin hanya ini yang kumiliki
Mungkin hanya rindu yang kurasakan kini

Jogjakarta, 5 Juni 2009

Monday, August 6, 2012

MERINDUNYA

By: Novi The C

Termenung dalam temaram
Buat diri makin terpendam
Dalam asa yang membentang
Merindu mentari hingga petang

Jogjakarta, 11 Juni 2009

Sunday, August 5, 2012

PELANGI (2)

By: Novi The C

Bias pelangi ukir gurat-gurat bermelody
Buat kalbu bersemi dalam diri
Kala pelangi bersembunyi
Kembali hampa menyelimuti

Kurindukan pelukis pelangi
Di hati ini
Menorehkan warna-warni
Menghiasi diri
Ciptakan rona-rona memerah di pipi
Dan senyum mengiringi

Jogjakarta, 10 April 2009

Saturday, August 4, 2012

KAKAK MENTARI

By: Novi The C

Mentari itu akan tetap jadi kakak mentari novi
Dan mentari itu akan selalu jadi inspirasi
Kan slalu kurindukan sosoknya dalam diri
Tuk buat novi selalu berseri
Entah kapan dirinya kan terganti

Jogjakarta, 2 April 2009

PS. Benernya udah bisa menemukan penganti kakak mentari haha

Friday, August 3, 2012

PENYALAHGUNAAN ICT

Penyalahgunaan ICT semakin marak kini. Setiap bagian dari teknologi komunikasi dan informasi tak luput dari penyalahgunaan yang merugikan banyak pihak. Banyak solusi yang dapat digunakan untuk menangani penyalahgunaan tersebut, antara lain dari segi teknologi, hukum dan kultur.

Solusi yang pertama bisa dari segi teknologi, sebagai kejahatan yang menggunakan teknologi informasi sebagai alatnya seperti pembajakan, pornografi, pemalsuan, pencurian melalui teknologi informasi, penipuan melalui email, perjudian online, pencurian account internet, teroris dan isu sara maupun kejahatan yang menggunakan teknologi informasi sebagai sasarannya seperti virus, pembobolan sistem, cyberwar(perang cracker), dan yang berkaitan nama domain, dapat diatasi dengan menggunakan teknologi itu sendiri. Dengan teknologi dapat dibangun sebuah sistem keamanan khusus yang lebih ketat agar penyalahgunaan teknologi informasi dapat diminimalis ataupun ditiadakan sama sekali. Sistem keamanan tersebut dapat memproteksi suatu sistem komputer yang telah dibangun, lebih-lebih yang terkait dengan internet. Maka orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau orang-orang yang memanfaatkan suatu sistem tidak dapat menerobos masuk, melakukan pemalsuan, ataupun bahkan merusaknya dan berbagai macam penyalahgunaan lainnya.
Selain itu solusi yang kedua dapat digunakan hukum sebagai suatu alat untuk mengatasi penyalahgunaan ICT. Hukum yang bersifat mengikat dapat memberikan pelajaran bagi para pelaku penyalahgunaan tersebut. Meski hukum di Indonesia khususnya belum ada yang mengatur mengenai penyalahgunaan ICT yang berhubungan dengan dunia maya atau internet tetapi penyalahgunaan tersebut diatur dalam perundang-undangan dengan hal yang terkait. Seperti halnya pornografi, perusakan suatu sistem oleh cracker ataupun para pembajak software belum sampai saat ini dikenai pidana yang khusus meninjau hal tersebut tetapi hanya mendakwakan masalah melakukan hal yang amoral, pencemaran nama baik, pemalsuan dan lain sebagainya.

Selain teknologi dan hukum, penyalahgunaan ICT dapat diatasi dengan kultur atau dari sisi sosial budaya. Adanya penyalahgunaan teknologi komunikasi dan informasi berasal dari suatu pribadi-pribadi ataupun kelompok yang bersaha memanfaatkan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan demi kepentingannya masing-masing. Oleh karena itu solusi yang tepat yang dilihat dari sisi kultur adalah membangun pribadi yang bertanggung jawab, berintelektualitas tinggi yang mengabdikan ilmunya untuk hal-hal yang berguna bagi orang lain, juga mempunyai moral yang baik agar tidak melakukan hal-hal yang tidak baik lebih-lebih yang berhubungan dengan masalah asusila.
Salah satu contoh kasus mengenai penyalahgunaan teknologi komunikasi dan informasi adalah craker yang lebih spesifik pada pembuat atau penyebar virus. Virus yang dibuat dan disebarkan ke suatu program atau suatu system tentu saja akan membuat sistem atau program didalamnya menjadi kacau bahkan bias hilang dan ini sangat mengganggu aktifitas dalam suatu system atau program tersebut.
Solusinya dari sisi teknologinya berupa membuat antivirus atau sebuat system keamanan yang lebih khusus dalam computer atau pada situs tertentu agar cracker atau virusnya tidak dapat membobolnya dan merusak segala system di sana.

Jika diatasi melalui hukum maka perbuatan melakukan akses secara tidak sah terhadap system computer belum diatur secara jelas di dalam system perundang-undangan di Indonesia. Untuk sementara waktu, Pasal 22 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dapat diterapkan. Pasal 22 Undang-Undang Telekomunikasi menyatakan:
“Setiap orang dilarang melakukan perbuatan tanpa hak, tidak sah, atau memanipulasi:
a. Akses ke jaringan telekomunikasi; dan/atau
b. Akses ke jasa telekomunikasi; dan/atau
c. Akses ke jaringan telekomunikasi khusus”
Pasal 50 Undang-Undang Telekomunikasi memberikan ancaman pidana terhadap barang siapa yang melanggar ketentuan Pasal 22 Undang-Undang Telekomunikasi dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah). Selain itu hukum yang mengatur mengenai masalah yang mengganggu data komputer dan mengganggu sistem komputer berupa Pasal 406 ayat (1) KUHP.

Selain itu solusi terakhir dilihat dari segi kultur ataupun dari segi sosial budayanya. Jadi masyarakat dimulai dari individu masing-masing harus melek teknologi bukan hanya bisa menggunakannya saja tetapi juga harus mengetahui teknologinya tersebut. Bisa mengetahui bagaimana pemograman suatu sistem. Sehingga adanya virus tidak terlalu mengganggu karena bisa membuat atau minimalnya memproteksi komputer ataupun situsnya agar tidak terkena virus yang merusak data di sistem tersebut. Jika lebih baik bias membuat antivirus yang jitu dalam membasmi virus dan mau membagi dengan orang lain. Minimalnya terus mengupdate antivirus agar tidak terserang virus.

Thursday, August 2, 2012

PASAR MALAM MBAH DEMANG

Pasar malam ini seperti halnya pasar malam pada umumnya yang disana terdapat berbagai atraksi permainan juga banyak pedagang yang berjualan di sekitarnya yang menjajakkan makanan ataupun barang-barang. Bisa dibilang sebagai sekaten tapi dalam volume yang kecil, selain itu latar belakang terciptanya pasar malam ini tentu saja berbeda. Hal yang paling mencolok dari dagangan yang yang dijual adalah kerajinan tanah liat yang dibentuk menjadi piranti masak-memasak hanya saja dibuat mini biasanya anak-anak yang banyak membelinya untuk bermain ‘pasaran’ atau bermain berpura-pura memasak dengan piranti yang nyata.

Sejarah terciptanya pasar malam ini pada saat pemerintahan Belanda ada suatu struktur pemerintahan dengan sebutan Demang. Salah seorang yang menjabat sebagai Demang saat itu mempunyai sebuah sumur yang berada di dekat rumahnya yang berada di daerah yang sekarang bernama Nogotirto. Beliau mempunyai sebuah sumur, karena sangat dermawannya Demang tersebut memperbolehkan siapa saja yang ingin mengambil air di sumurnya. Semakin banyak ia menolong masyarakat sekitar untuk mendermakan air sumurnya semakin air sumur itu tidak ada habis-habisnya sepertinya tidak kering-kering bahkan di musim kemarau air sumur itu tidak kering masih seperti biasanya ( Banyak orang yang menghubungkan nama Nogotirto dengan sumur Mbah Demang. Nogotirto berasal dari kata Nogo yang berarti naga dan tirto yang berarti air hal itu diibaratkan sumur yang airnya terus mengalir seperti naga. Namun hal itu disanggah oleh anak Mbah Demang yang dulu juga pernah menjabat sebagai kepala Dusun Kwarasan tidak jauh dari wilayah Nogotirto). Hal itu membuat sumur tersebut terkenal di penjuru wilayah sehingga membuat banyak orang yang datang sekedar mencuci tangan, kaki atau meminumnya. Semakin banyak orang ke rumah tersebut maka dibuatlah sebuah pengajian yang di sana sebagai media untuk berdakwah agama Islam juga diisi dengan puji-pujian berbahasa jawa kepada Allah salah satu tujuannya agar air yang diambil dapat bermanfaat lebih-lebih jika diminum, karena banyak yang menuahkan air itu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Semakin berjalannya waktu diadakanlah sebuah prosesi tiap tahunnya pada bulan Muharam atau di tanggalan Jawa bulan Suro yang sebenarnya untuk memperingati tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharam atau 1 Sura. Dan puncaknya pada tanggal 9 Muharam, dan prosesinya dengan diambil air oleh mbah Demang dan disimpan di sebuah tempat tertentu dan selepas tengah malam air itu diambil oleh mbah Demang. Selama mengenapkan air itu dibacakan doa-doa dan puji-pujian agar air tersebut mendapat berkah dari Allah. Biasaanya setelah prosesi tersebut orang banyak mengambil air yang diangapnya berkah tersebut.

Meski sekarang Mbah Demang telah meninggal tetapi budaya itu tetap dilestarikan hanya saja bukan dengan prosesi yang dulu dilakukan karena sumurnya sudah tidak ada lagi, sekarang telah digantikan dengan terciptanya pasar malam yang digelar di sepanjang jalan Godean di daerah Nogotirto.

Dilihat dari tradisi yang turun temurun ini memuat teori fungsional yang mengutamakan solidaritas masyarakat, terlihat dari perkumpulan orang yang melakukan pengajian setiap mengunjungi rumah Mbah Demang, juga dari terbentuknya pasar malam yang otomatis membangkitkan laju ekonomi di daerah tersebut ditambah lagi sekarang di daerah itu telah dibangun pasar Tlagareja jadi makin mendongkrak bidang ekonominya. Setiap tahun jalan Godean di sekitar Pasar Tlagareja selalu ramai dipenuhi orang yang menjajakan barang dagangannya, sekaligus mengenang Mbah Memang yang sangat murah hati dan sangat membantu masyarakat di sekitarnya.

Wednesday, August 1, 2012

COSTUMER RELATIONS CLEAR SHAMPOO

CLEAR INVASI KOS 2 PHOTO COMPETITION
Diskripsi perusahaan
Clear merupakan salah satu merek dari PT Unilever, yang cabang di Indonesia adalah PT Unilever Indonesia Tbk.
PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981.
Pada Rapat Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100 per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10 Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000.
Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933.
CLEAR
Clear adalah Ahli dalam bidang Kesehatan Kulit Kepala, yang secara aktif memberikan jalan kerluar terbaik dari Ketombe dan masalah-masalah kulit kepala lain sehingga rambut dan kulit kepala tampak lebih sehat.
Clear telah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 1975. Alasan utamanya adalah memberikan solusi efektif terhadap masalah Ketombe. Clear adalah merek anti-ketombe terbesar di Indonesia, salah satu kinerja luar biasa Clear adalah karena iklim tropis Indonesia yang mengakibatkan kelembaban membuat ketombe menjadi masalah umum masyarakat Indonesia, dan oleh karena itu timbul daya tarik besar untuk menggunakan sampo anti ketombe di Indonesia.
Clear dengan Vita-ACE nya telah terbukti selama bertahun-tahun menyajikan produk anti ketombe yang bermutu tinggi. Di Indonesia Clear mempunyai 5 varian: Clear Active Care yang secara efektif melawan ketombe bagi orang aktif, Clear Ice Cool untuk memberikan sensasi dingin sambil melenyapkan ketombe, Clear Scalp and Oil Control untuk menghilangkan ketombe pada rambut berminyak, Clear Itch & Dry Scalp Care untuk mengatasi gatal akibat ketombe dan akhirnya Clear Hair Fall Defence untuk mengurangi kerontokan rambut hingga 93% dalam waktu 5 minggu.
Sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 1975 penjualan Clear secara konsisten mengalami pertumbuhan yang baik setiap tahun. Dewasa ini clear menjadi salah satu merek sampo terbesar di Indonesia. Clear dianggap sebagai merek “yang keren” di antara para remaja dan pekerja pemula berusia 18-25 tahun yang merupakan pasar sasaran utama. Produk ini telah dipasarkan secara luas dan menembus pasar nasional bahkan sampai ke pelosok.
Untuk selalu melakukan beberapa aktivasi, yaitu untuk membuat Clear tetap cocok dengan pasar sasaran, untuk mempertahankan kesesuaiannya dan menarik pasar sasaran, untuk mempertahankan kecintaan pada merek, dan menjadi lebih dekat dengan pelanggannya.
Beberapa acara yang di adakan adalah Clear Top 10 pada tahun 1999 – 2003, Clear Zone tahun 2004, Clear Nation tahun 2005, Clear Dream Date tahun 2006, Clear Invasi Kos tahun 2007 dan Clear Invasi Kos 2 Photo Competition tahun 2008 ini.
Dan kegiatan custumer relation yang akan saya jelaskan lebih lanjut pada acara Clear Invasi Kos 2 Photo Competition yang diadakan bulan Februari hingga Maret 2008.
KEGIATAN COSTUMER RELATION
CLEAR INVASI KOS 2 PHOTO COMPETITION
Setelah sukses menggelar program Clear Invasi Kos pada 2007 lalu, kali ini Clear Shampoo kembali menggelar program serupa bertittle Invasi Kos 2 Photo Competition. Serupa tapi tak sama dengan programnya, Clear Invasi Kos 2 Photo Competition merupakan lomba kompetisi kos-kosan yang menguji kekompakan masing-masing kos dengan menunjukkan kekompakan memakai Clear Shampoo. Peserta kompetisi harus mempertunjukkan yel-yel dan mengikuti games yang disediakan. Point terbaru dalam Clear Invasi Kos 2 kali ini adalah menantang kekompakan tiap kos lewat photo competition.
Program ini diawali dengan Promo Kos Besar. Keseluruhan promo tersebut bertujuan memberitahukan kepada para pendatang atau penghuni kos di Yogya untuk mendaftarkan kos mereka dalam program ini. Promo campus activation dilaksanakan setiap Senin-Jumat di 25 kampus di Yogyakarta, sedangkan promo kos besar dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu di sepuluh titik atau lingkungan kos-kosan.
Setiap hari, ada 5 Tim yang melakukan invasi. Kos yang di-invasi wajib menunjukkan syarat yang telah ditentukan, yaitu minimal berpenghuni 7 orang dan semuanya mampu membuktikan diri sebagai pemakai Clear Shampoo dengan menunjukkan 1 botol Clear atau 10 sachet per-orang.
Foto, yel-yel, games, dan jumlah pemakai Clear Shampoo adalah kriteria yang digunakan sebagai materi penilaian untuk menentukan kos mana yang kompak.
Salah satu poin yang membedakan CIK 2 kali ini dengan CIK sebelumnya adalah photo competition. Untuk kos, photo competition adalah salah satu kriteria penilaian saat di-invasi. Selain photo competition kos, dalam CIK 2 kali ini juga ada photo competition individu, yang lebih diperuntukkan bagi yang bukan anak kos meskipun tidak menutup kemungkinan bagi anak kos juga turut serta. Dengan membeli 1 botol Clear Shampoo di venue dan mengajak langsung difoto di tempat. Hasil foto 1 dibawa peserta dan 1 dimasukkan ke drop box untuk dinilai. Meskipun bertittle photo competition individu, tapi tetap harus mengajak 2 orang atau lebih untuk berpose bersama Clear Shampoo. Sehingga, fotonya minimal bertiga. Kriteria yang menjadi penilaian adalah kreativitas dalam berpose.
Kegiatan yang diadakan Clear ini sangat menunjukkan adanya custumer relation yang ingin lebih ditingkatkan. Salah satunya terlihat bahwa kegiatan di tahun ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun lalu. Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk usaha Clear untuk lebih dekat dengan penggunanya. Di pilihnya kota Yogyakarta untuk mengadakan acara ini karena Yogyakarta merupakan kota pelajar, begitu banyak pendatang baru dari luar kota Yogyakarta untuk menimba ilmu. Dalam acara ini Clear memberikan wadah untuk mengasah kekompakan pada setiap kos, agar di lingkungan kos tercipta suatu hubungan yang hangat bukan saling mengacuhkan dan individualis, seperti dituangkan pada lomba yel-yel. Kreativitas sebagai salah satu penilaian dalam acara ini memberikan motivasi kepada para generasi muda untuk lebih dan terus berkembang, tidak hanya berdiam diri menyikapi persoalan yang ada yang tercermin dari permainan yang telah disediakan. Selain kreativitas dalam permainan-permaianan juga berupa kreativitas berekspresi dalam seni, yang ditunjukkan melalui photo competition yang memberikan warna baru dibanding dengan Clear Invasi Kos tahun lalu. Photo competition ini juga mengasah kreativitas bagaimana menunjukkan kekompakan dalam berpose. Clear tidak hanya menganakemaskan anak-anak kos dan menganaktirikan yang bukan anak kos. Maka dari itu Clear juga mengadakan photo competition individu yaitu berpose dengan mengikutsertakan Clear Shampoo dan mengajak 2 orang. Meskipun individu tetapi minimal peserta 3 orang untuk mengikuti kompetisi ini.
Untuk mempermudah pendaftaran bagi peserta maka diadakan Promo Kos Besar dan Promo Campus Activation. Hal ini juga untuk memberikan gambaran mengenai Clear Invasi Kos yang berbeda dengan tahun lalu. Melalui promosi ini calon peserta bisa langsung mendaftar baik untuk anak-anak kos maupun yang bukan anak kos. Untuk photo competition individual langsung bisa berpose di venue dan satu lembar foto dimasukan ke drop box yang disediakan untuk dinilai dan selembar lagi untuk peserta sebagai kenang-kenangan mengikuti acara ini. Calon-calon peserta yang kurang beruntung kampus atau lingkungan kos mereka tidak diadakan promo oleh Clear, untuk tidak mengecewakan mereka maka Clear mengantisipasi melalui promo radio, dengan cara SMS ke radio tersebut dengan suatu format yang telah ditentukan, bahkan ada keuntungan lebih yaitu setiap hari diundi lima kos yang telah mendaftarkan diri mereka dan masing-masing mendapatkan seratus ribu rupiah. Selain itu yang ingin mengikuti photo competition individu bisa berfoto dengan syarat yang telah ditentukan dan di masukkan ke dalam box yang disediakan di kantor pemasaran radio tersebut.
Meskipun promo-promo yang disediakan untuk mengajak masyarakat terutama mahasiswa yang menjadi segementasi dari Clear mengikuti kompetisi yang ditawarkan, tetapi bagi mereka yang enggan mengikuti dua kompetisi tersebut, namun mereka ingin berpartisipasi dan ingin mendapatkan hadiah-hadiah yang kebanyakan berupa uang, maka demi tidak mengecewakan mereka, diadakan berbagai permainan dalam promo-promo tersebut berupa games baik individu maupun kelompok.
Acara ini yang merupakan kelanjutan dari acara tahun lalu tidak menutup kemungkinan akan menjadi acara tahunan karena begitu banyak apresiasi dari masyarakat. Sehingga hubungan antara Clear dengan pelangan maupun pembeli bisa terjaga dengan baik selain itu juga berdampak baik kepada Clear itu sendiri.
Sumber:
www.unilever.co.id
KR, 16 Maret 2008 hal 7